Mudah dan Gak Ribet, Ini Cara Membersihkan Sofa Beludru atau Suede

Seperti halnya sofa kulit, sofa berbahan suede atau beludru juga memerlukan perawatan khusus karena bahan ini mudah sekali membekas dan rusak bila terkena tumpahan cairan maupun terpapar panas.

Cara Membersihkan Sofa Beludru

Sofa beludru bisa dikatakan sofa yang sensitif karena sofa ini mudah sekali menyerap debu maupun cairan. Sofa berbahan beludru memang terkesan elegan dan vintage, namun Anda perlu mengetahui cara membersihkan sofa kain beludru agar sofa ini awet dan tetap tampak seperti baru. Untuk merawatnya, Anda bisa mengikuti cara membersihkan sofa beludru berikut ini.

cara membersihkan sofa beludru

baca juga tulisan mengenai cuci sofa bandung Grades

Menggunakan Mesin Penyedot Debu

Cara membersihkan sofa beludru yang pertama adalah membersihkan permukaan sofa menggunakan mesin penyedot debu. Pasang sikat tambahan pada mesin penyedot debu kemudian vakum seluruh permukaan sofa beludru. Pastikan Anda membersihkan seluruh permukaan sofa hingga ke bagian sudut dan jahitannya agar benar-benar bersih dari debu, rambut maupun bulu hewan piaraan.

Menggunakan Cairan Pembersih

Langkah selanjutnya membersihkan sofa beludru adalah menyiapkan cairan pembersih yang terbuat dari campuran air serta sabun cuci piring yang tidak terbuat dari bahan kimia keras. Masukkan campuran kedua bahan tersebut ke dalam botol spray untuk memudahkan penggunaannya. Semprotkan cairan pembersih ke permukaan sofa secukupnya jangan sampai terlalu basah. Kemudian lap permukaan sofa yang terkena semprotan tadi menggunakan kain handuk kering secara perlahan dengan gerakan yang lembut.

Gunakan Cairan Cuka

Terkadang ada noda sofa yang membandel seperti noda tinta atau jamur. Bila cara membersihkan sofa kain beludru di atas tak berhasil, Anda bisa menggunakan cairan cuka untuk membersihkannya. Tuangkan cairan cuka ke dalam sebuah mangkuk secukupnya dan tambahkan air ke dalamnya.

Ambil handuk yang tadi sudah digunakan dan sudah dibilas. Celupkan handuk tersebut ke campuran cuka kemudian peras kelebihan airnya agar tak terlalu basah. Lap permukaan sofa yang bernoda menggunakan handuk tersebut hingga noda hilang. Di samping mampu menghilangkan noda membandel, cara membersihkan sofa beludru ini juga bisa diterapkan untuk menghilangkan sabun yang menempel.

cara membersihkan sofa beludru

baca juga tentang cuci sofa murah depok

Gunakan Sikat Lembut

Tumpahan cairan pada permukaan sofa beludru bisa membuat serat-seratnya menempel. Anda bisa menyikat permukaan sofa yang terkena cairan tadi dengan menggunakan sikat berbulu halus demi mencegah serat beludru saling menempel. Setelah semua noda hilang dan proses pembersihan selesai, Anda bisa menjemur sofa di area yang tidak terkena sinar matahari langsung atau hanya diangin-anginkan menggunakan kipas agar mengering secara alami.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan sofa bahan beludru yakni Anda harus menghindari penggunaan bahan pembersih kimia yang keras. Bahan pembersih kimia yang keras justru merusak permukaan beludru. Anda juga harus menyikat sofa dalam keadaan lembab atau sedikit basah sehingga serat-seratnya tidak rusak dan berbekas. Bila ingin menggunakan cairan pembersih, pilih cairan pembersih yang berbahan lembut dan tidak panas. Dengan begini sofa akan tetap bersih dan tidak rusak.

Cara membersihkan sofa beludru di atas bisa Anda terapkan secara rutin agar sofa tetap awet dan warnanya tak pudar. Bersihkan kotoran dan tumpahan sesegera mungkin agar tidak berbekas dan mudah dibersihkan. Kotoran yang dibiarkan terlalu lama akan membekas dan bekasnya sulit hilang bahkan ada pula yang bisa dibersihkan namun meninggalkan warna yang berbeda dengan area lain yang tidak terkena noda. Itu sebabnya jarang sekali orang yang memilih sofa berbahan suede karena perawatannya yang sedikit rumit dan membutuhkan penangan khusus.